Pejabat Yahoo di pecat dan Rasisme di Konvensi Partai Republik


Yahoo telah memecat seorang pejabatnya, yakni kepala biro Washington David Chalian setelah NewsBusters eksklusif mengungkapkan pernyataan ofensif bahwa calon presiden dari partai Republik Mitt Romney dan istrinya Ann adalah "senang mengadakan pesta dengan orang-orang kulit hitam yang sedang tenggelam."

David Chalian
Berikut ini pernyataan Yahoo: "Pernyataan David Chalian adalah tidak pantas dan tidak mewakili pandangan dari Yahoo! Ia telah dihentikan efektif dengan segera. Kami telah mengulurkan tangan untuk kampanye Romney, dan kami meminta maaf kepada Mitt Romney, stafnya, pendukung mereka dan siapa saja yang merasa tersinggung."

David Chalian membuat komentar selama siaran langsung dari Konvensi Nasional Partai Republik di Tampa. Komentarnya ada dalam video ini.

Dalam video Senin malam yang disiarkan oleh ABC dan Yahoo melalui Internet, terdengar Chalian mengatakan bahwa kandidat presiden Mitt Romney dan istrinya Ann tidak peduli dengan nasib warga di daerah New Orleans yang saat ini sedang dilanda Badai Isaac.

"Mereka tidak peduli sama sekali, mereka senang untuk mengadakan pesta dengan orang-orang kulit hitam yang sedang tenggelam."

Dari audio, terdengar Chalian sedang berbicara dengan seseorang bernama "John" yang tampaknya telah membuat semacam sindiran yang tidak dapat didengar pada video.

Lelucon anti-Romney dibuat saat Chalian berada pada mikrofon aktif, yang tampaknya ia tidak menyadari bahwa gurauan melawan mantan gubernur Massachusetts itu sedang direkam dan disiarkan secara langsung. [newsb1/ newsb2].

Tapi benarkah ucapan Chalian hanya bernilai sebagai lelucon?
Hmm... tampaknya perlu dicermati... karena kandidat presiden Mitt Romney tampaknya juga menarik minat dari calon pemilih yang menganut rasisme. Terbukti dalam konvensi itu ada peserta yang menganggap seseorang sebagai binatang hanya karena berkulit hitam/ berwarna.

Jaringan televisi CNN memberitakan bahwa dua orang telah diusir dari Konvensi Nasional Partai Republik hari Selasa setelah mereka melemparkan kacang pada operator kamera Afrika-Amerika CNN dan berkata, "Begini caranya kita memberi makan binatang."

Beberapa orang menyaksikan insiden ini dan petugas keamanan RNC dan polisi segera membawa keluar dua peserta ini dari Forum Tampa Bay Times.

Pejabat dari konvensi tersebut juga merilis sebuah pernyataan, "Dua peserta pada malam ini memperlihatkan perilaku menyedihkan. Perilaku mereka adalah tidak dapat dimaafkan dan tidak dapat diterima. Perilaku semacam ini tidak akan ditoleransi."

CNN juga mengakui insiden itu, mengatakan, "CNN dapat mengkonfirmasi ada insiden yang diarahkan pada seorang karyawan dalam Tampa Bay Times Forum sebelumnya sore ini. CNN bekerja sama dengan pejabat konvensi untuk mengatasi masalah ini dan tidak ingin berkomentar lebih lanjut.."

Konvensi tersebut mulai sesi pertama secara penuh pada hari Selasa setelah tertunda sehari akibat adanya Badai Tropis Isaac, dan terus berlanjut sampai Kamis ketika Mitt Romney diperkirakan akan disahkan sebagai calon presiden dari partai Republik. [cnn].

Tidak ada komentar: