Semarak Idul Fitri di Rusia


Moscow Muslims celebrate the end of Ramadhan
Hari Raya Idul Fitri di Rusia dikenal dengan sebutan Uraza Bayram, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan. Shalat Idul Fitri berlangsung di empat masjid ibukota, serta di beberapa stadion dan taman. Mengingat besarnya momen ini, pihak berwenang Moskow sampai mengerahkan sekitar 3.000 polisi untuk memberikan keamanan sepanjang hari itu. Lalu lintas di sekitar ibukota pun dibatasi mulai 12:30 pm sampai berakhirnya acara tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada seluruh umat Islam Rusia, berharap mereka memperoleh kesejahteraan, kesehatan, dan kesuksesan dalam segala perbuatan baik. Putin mengatakan bahwa dengan aktifitas "berbuah" mereka, organisasi-organisasi Muslim dapat membuat kontribusi yang signifikan terhadap pelestarian dan pengembangan bagi bangsa dan tradisi budaya Rusia.

Peluncuran televisi Islam pertama Al-RTV di Rusia menjadi hadiah lain dari, dan untuk, Muslim Rusia, yang mengudara bertepatan dengan Uraza Bayram.

"Ini adalah proyek yang sudah lama ditunggu-tunggu. Mufti Rusia telah bertemu dengan presiden Rusia untuk membantu pembukaan saluran televisi Islam" kata Albir Krganov, anggota Dewan Umum Al-RTV. "Hari ini, orang membaca sedikit buku. Mereka lebih memilih internet dan televisi. Harus ada cara untuk mendidik mereka," tambahnya. [rt/news]

Berikut video & beberapa fotonya:


Shalat Idul Fitri di Masjid Jami Moskow
dipimpin Imam Kepala Mufti Rusia Ravil Gainutdin

Lebih dari 170 ribu Muslim Rusia melaksanakan shalat Idul Fitri
di jalan dekat Masjid Kathedral, Mira Avenue, Moskow [rt/news]

Tidak ada komentar: