Dukung Palestina, Stephen Hawking Boikot Israel


Jumlah tokoh dunia yang mendukung perjuangan Palestina terus bertambah. Fisikawan terkemuka Inggris Stephen Hawking baru-baru ini juga telah ikut ambil bagian dalam mendukung Palestina.
 

British physicist Stephen Hawking (photograph by: Abe Frajndlich-NY.Times)

"Hawking bergabung dengan boikot akademik terhadap Israel dan membatalkan kehadiran dalam konferensi yang diselenggarakan oleh Presiden Israel Shimon Peres bertema Menghadapi Masa Depan 2013, di bawah Kepemimpinan Presiden Peres," kata panitia penyelenggara dalam sebuah pernyataan.

Hawking bergabung dengan para tokoh profil tinggi yang memboikot Israel atas pendudukan dan perlakuannya terhadap warga Palestina. Para tokoh itu antara lain: Elvis Costello, Roger Waters, Brian Eno, Annie Lennox dan Mike Leigh.


Sikap Hawking itu dibenarkan oleh pejabat Universitas Cambridge tempat dia bekerja. Hawking sendiri tidak mau memberikan pernyataan langsung terkait aksi boikotnya terhadap Israel.

Komite Inggris untuk Universitas-universitas Palestina yang mendukung boikot akademis Israel dan menentang pendudukan Israel atas wilayah Palestina merilis pernyataan yang telah disetujui Hawking bahwa ia telah menolak undangan itu.

"Ini adalah keputusan independen untuk memboikot Israel didasarkan pengetahuannya tentang Palestina, dan atas saran sesama rekan-rekan akademisnya," kata komite itu di halamannya.

Konferensi pada 18-20 Juni itu sendiri mengundang para diplomat, politisi, dan akademisi. Pembicara yang dijadwalkan hadir antara lain adalah mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, dan penyanyi Amerika Serikat Barbra Streisand. Media sosial banyak mengkritik rencana kehadiran tiga tokoh tersebut. (bbs)


Tidak ada komentar: