Gereja Ateis Laris Manis


Setelah gereja dikalahkan oleh Facebook, kini ada fenomena baru dengan tumbuhnya gereja bagi mereka yang mengklaim dirinya sebagai tidak bertuhan (Ateis). Mereka memanfaatkan libur di hari (tuhan) Matahari (Sunday) untuk 'beribadah' dalam gereja yang telah kehilangan peminat, atau bahkan mereka bisa juga mantan Kristen dari jemaat di gereja tersebut.


Ahli fisika partikel Harry Cliff memberikan ceramah
ilmiahnya
pada Majelis Minggu di 
Gereja Ateis
Adalah The Sunday Assembly atau Majelis Minggu, sebuah perkumpulan ateis yang pertama kali melakukan 'ibadah minggu' mereka. Dalam Minggu pertama setiap bulan, mereka berkumpul, yang dikatakan untuk mendengar pembicaraan besar, menyanyikan berbagai lagu dan umumnya merayakan keajaiban hidup. Mereka menyebutnya sebagai layanan bagi siapa saja yang ingin live better, help often dan wonder.

Gereja ateis yang didirikan oleh komedian Sanderson Jones dan Pippa Evans melakukan 'ibadah' pertama mereka di The Nave, gedung bekas gereja di Islington, London Utara.

Jemaat Gereja Ateis pada tanggal 3 Maret 2013
Sekitar 300 jemaat berkumpul dalam 'ibadah' pertama Majelis Minggu di 6 Januari tersebut. Dan lebih dari 200 orang non-believers (ateis) dari berbagai penjuru dunia telah menghubungi panitia untuk menanyakan bagaimana mereka dapat mendirikan cabang sendiri.

Jones, mengatakan bahwa pendirian gereja tak bertuhan itu dimaksudkan untuk memberi ruang bagi orang-orang non-religius (tidak beragama) agar dapat menjalin komunikasi dan saling meneguhkan.

The Huffington Post menjelaskan bahwa gereja, yang dijuluki 'Majelis Minggu,' telah 'dijagokan sebagai kesempatan bagi mantan orang percaya yang kecewa, sebagai ajang nostalgia para ateis, dan bagi siapa saja yang mencari rasa masyarakat, untuk bertemu dan 'mengubah niat baik menjadi tindakan.'

Tidak ada komentar: