Boko Haram adalah Hasil Kreasi Asosiasi Kristen?


Maitatsine, Boko Haram dan kesaksian Profesor Dauda Ojobi

Posting dibawah ini adalah terjemahan dari halaman facebook Chief-Umar Ibrahim Tafida, berjudul: Maitatsine, Boko Haram and CAN: The Bitter Truth.

Silahkan mencermatinya isinya untuk dapat melihat lebih dalam dari sebuah fenomena di Afrika. Dengan kata lain, kita dapat mengetahui lebih banyak dari teori yang ada tentang bagaimana semuanya dimulai atas fenomena ini.

Maitatsine, Boko Haram dan CAN: Kebenaran yang Pahit

"Marwa Maitatsine, adalah seorang Kristen sampai kematiannya!"
Kembali pada tahun 1954, ada serangkaian pertemuan dengan badan tertinggi asosiasi Kristen di bagian utara Nigeria, di Jos, ketika saya kebetulan sebagai sekretaris, ikut ambil bagian dalam pertemuan itu. (Kemudian, saya menjadi seorang mahasiswa sarjana Teologi Kristen). Sebagian hasil dari pertemuan itu adalah untuk mensponsori beberapa orang di antara 'kami' untuk pergi ke negara-negara Arab dengan menyamar sebagai orang yang baru memeluk Islam atau muallaf, untuk belajar bahasa Arab dan Islam. Misi mereka adalah untuk kembali ke Nigeria sebagai ulama Muslim, menggunakan pengetahuan Islam mereka untuk memberitakan kekerasan, mendistorsi ajaran Islam asli dan jika mungkin menyebabkan kerusuhan di Utara yang akan tercatat dalam sejarah Nigeria Utara.

Lima orang dinominasikan untuk pekerjaan ini, dan dikirim ke Sudan untuk memulai misi mereka. Tiga dari mereka menolak untuk datang kembali dan melaksanakan rencana tetapi menghabiskan sisa hidup mereka di Sudan sebagai Muslim sejati. Dua sisanya, Muhammad Marwa (alias Maitatsine) dan Birema kembali, Marwa dikirim ke Kano, adapun Birema dikirim ke Niamey Niger Republic."

Profesor Dauda Ojobi
Profesor Dauda Ojobi, adalah mantan sekretaris Northern Christian Association of Nigeria (CAN), seorang Profesor pensiunan dari fakultas Hukum, Benue State University, Pendeta tingkat ketiga dari Nigeria utara, setelah Paul Gindiri, dan GG Ganaka, Pengawas pertama Gereja Baptis Nigeria di Kaduna, dan satu kali sebagai komisioner di kantor Kehakiman di Bauchi State.

Ideologi Maitatsine adalah versi usang dari Boko Haram, yang mulai memerintah mereka di Kano di tahun 1950-an dan di beberapa bagian lain dari Nigeria Utara. Ideologi mereka mirip dengan Boko Haram, mereka melarang apa yang diperbolehkan Islam, dan menerima apa yang Islam haramkan. Mereka mengklaim pendidikan Barat adalah dosa, mereka menolak apapun yang dibawa oleh teknologi, mereka populer dengan mengatakan bahwa memakai jam tangan adalah haram, menggunakan radio dan televisi adalah haram, dll (mengingat kemajuan teknologi masa itu). Pemimpin spiritual gerakan Maitatsine adalah Muhammad Marwa alias Maitatsine.

Emir dari Kano Sanusi, telah menduga Maitasine sebagai seorang Muslim Palsu saat ia menemukan bahwa Maitatsine telah menerima berbagai pemberian dari Vatican Palace. Setelah Emir mengkonfirmasi temuannya, ia mengusir Maitatsine dari Kano di awal 60-an. Maitatsine kemudian dibawa kembali ke Kano oleh pemerintah Rimi pada tahun 1979. Rimi percaya bahwa Maitatsine akan membantu dia memenangkan pemilihan ulang dengan pesonanya. Setelah kematian Maitatsine itu, Shagari, Presiden selanjutnya kemudian menetapkan panel Anya Goru untuk menyelidiki krisis ini. Prof Dauda telah membuat pengajuan dalam panel itu, tetapi ketika Presiden melihat laporan itu, ia mengatakan tidak, white paper tidak akan dikeluarkan pada laporan ini, karena mungkin akan menimbulkan krisis, sehingga white paper tidak dikeluarkan, sampai hari ini.

Profesor Dauda menjadi seorang Muslim pada tahun 1966, setelah ia kembali dari Roma, di mana ia pergi untuk melanjutkan studinya dalam Teologi Kristen. Dia masih hidup dan telah menjadi seorang pengkhotbah Muslim selama lebih dari 40 tahun. Apa yang saya kutip di atas adalah dari ceramahnya yang saya hadiri di Bauchi, pada tahun 2002.
  • Sejak saat itu, tidak ada sarjana Kristen atau eksekutif CAN yang membantah pernyataan dari Prof Dauda. Apakah mereka menunggu setelah dia meninggal untuk membantahnya?
  • Operasi keamanan yang selalu mengklaim bahwa mereka ingin mencabut Boko Haram tidak menyelidiki sudut ini, mengapa?
  • Mengapa ada hubungan antara Jerry Gana (kepala suku CAN) dan Muhammad Yusuf, pendiri Bokoharam? Pendiri ini telah ditebus beberapa kali dari tahanan polisi.
  • Saya melihat ada pendekatan standar ganda dan kemunafikan oleh aparat keamanan, dalam penyelidikan mereka.
  • Saya mulai percaya bahwa Boko Haram adalah buatan dari beberapa musuh Islam, sangat mungkin  oleh CAN (bukan Kristen), dan tidak pula sebagai buatan dari Muslim.
  • Ingat, Hillary Clinton pernah mengatakan bahwa Taliban adalah hasil kreasi mereka, untuk melawan Rusia.
Saya mohon maaf, jika tulisan ini sampai menyakiti Anda dalam bentuk apapun, hal itu tidak saya inginkan, tetapi fakta perlu ditetapkan dengan lurus. Saya berjanji untuk meng-upload kuliah audio langsung dari Profesor (Dauda Ojobi) untuk Anda cerna sendiri. [!]. 

> Mengapa Prof Dauda Masuk Islam?
< 'Kristen' CAN tidak ingin Ada Perdamaian di Nigeria?

Tidak ada komentar: