Mengapa orang Belanda masuk Islam?


Setelah sebagian dari nenek moyang mereka saat menjadi penjajah memaksa bangsa Indonesia untuk menjadi Kristen atau dibunuh; alhamdulillah saat ini justru sangat banyak orang-orang Belanda yang menemukan Kebenaran Islam.

Telah diketahui secara umum bahwa saat Belanda menjajah bangsa Indonesia, saat itu pula agama Kristen disebarkan oleh mereka, baik sebagai bagian dari Gold, Gospel dan Glory, maupun juga sebagai alat untuk melanggengkan penjajahan. 

Meskipun pada akhirnya dilakukan melalui "politik etis" dengan berbagai "lembaga pendidikan" (baca: lembaga Kristenisasi), tetapi tidak dapat dilepaskan dari kenyataan bahwa penyebaran agama  Kristen di Indonesia dilakukan dengan segala macam tipuan, ancaman dan paksaan. 

Robert E. Speer, mengutip pernyataan Idenburg: "The issue for Mohammedan world is not Mohammed and Christ. Is not Mohammed or Christ. It is Christ. It is Christ or decay and death." (Pilihan untuk dunia Islam bukan Muhammad dan Kristus; bukan Muhammad atau Kristus; tetapi pilihannya hanya Kristus. Pilih Kristus atau membusuk dan mati).

Alexander Willem Frederik Idenburg adalah Menteri Urusan Penjajahan (1902-1909) dan selanjutnya sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1909-1916). Idenburg menjadikan Kristenisasi sebagai tugas politik utama pemerintahannya.

-----
Ini adalah artikel sangat menarik, yang ditulis oleh saudara Michel Hoebink (RNW) berjudul: Why do Dutch people convert to Islam?

Jacob van der Blom, yang lahir dan dibesarkan di Rotterdam, memiliki mata biru terang dan jenggot penuh berwarna kemerahan. Dia adalah pendukung Feyenoord dan menjalankan usahanya sendiri. Sebelas tahun yang lalu, ia masuk Islam.

Jacob van der Blom dan Arnoud van Doorn


Dia mengatakan, orang-orang mengalami kesalahan dalam memandang Islam sebagai "budaya asing" yang tidak ada hubungannya dengan Belanda, tetapi "jika Anda memisahkan keyakinan inti dari aspek budaya, Anda mendapatkan suatu keyakinan indah yang benar untuk semua orang". 

Mengapa orang Belanda masuk Islam? Dan mengapa orang lain melihat mereka dengan kebencian dan kecurigaan?
"Tidak ada tuhan/ ilah/ sesembahan yang benar untuk disembah/ diibadahi kecuali Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah," sebagaimana Jacob membacakan pernyataan keimanan sebagai Muslim, matanya bersinar dengan cinta.

"Saya dibesarkan sebagai seorang Kristen, tapi aku selalu punya ide-ide saya sendiri. Dalam Islam, saya menemukan sebuah teori untuk apa yang saya selalu percaya. Hal itu cocok sempurna dengan apa yang saya pikir tentang Tuhan".

Gereja Ortodoks Yunani
Istri Jacob, Stefanie Danopoulos juga dibesarkan di Rotterdam. Ibu Belanda dan ayahnya Yunani membesarkannya dalam Gereja Ortodoks Yunani. Awalnya, dia sama sekali tidak senang bahwa suaminya telah masuk Islam, tapi akhirnya ia mengkonversi juga.

Stefanie: "Ketika suami saya mengumumkan bahwa ia mengkonversi, saya berpikir bahwa dia sudah gila. Anda hanya mendengar hal-hal buruk tentang Islam dari media, jadi itulah bagaimana saya pikir juga. Tapi kemudian saya mulai belajar lebih banyak tentang Islam dan itu mengubah pandangan saya".

Keluarga Stefanie secara bertahap datang untuk berdamai dengan dia, "Mereka pada awalnya sangat negatif, tapi setelah beberapa tahun mereka menyadari bahwa saya tidak berubah banyak. Aku merasa lebih tenang sekarang daripada sebelumnya. Orang Ortodoks Yunani sangat religius dan beberapa dari mereka hanya senang karena saya setidaknya percaya pada Tuhan".

9/11
Namun, masyarakat pada umumnya tidak begitu pengertian. Setelah serangan 9/11 di Amerika Serikat, Stefanie, yang mengenakan jilbab, diludahi beberapa kali. Meskipun begitu, mereka berdua merasa bahwa adalah penting bahwa pakaian mereka mencerminkan iman mereka. "Saya tidak peduli jika orang menatapku di jalanan. Aku benar-benar beriman dan orang-orang bisa melihatnya dalam cara saya berpakaian".

Jacob mengatakan ia tahu bahwa konversi ke Islam membuat beberapa orang takut atau cemas. "Orang-orang Belanda setidaknya telah tinggal di planet ini selama berabad-abad dan telah mengembangkan sebuah masyarakat dan budaya yang kaya. Aku bisa membayangkan bahwa orang tidak akan terlalu senang jika budaya dominan tiba-tiba kehilangan akar di tengah-tengah semua itu".

Hofstad Grup
Ketika ditanya tentang Hofstad Group, sebuah kelompok Muslim radikal yang didakwa merencanakan serangan di Belanda dan yang pemimpinnya, Mohammed Bouyeri, membunuh pembuat film Theo van Gogh pada tahun 2004, Jacob menolak mereka dengan menyebutnya sebagai "remaja yang bertindak keluar".

"Itu hanya sekelompok remaja terisolasi. Jika mereka berada di sini di stadion Feyenoord, orang akan mengatakan mereka hooligan. Ekstremis Muslim, hooligan, itu semua hal yang sama".

Jacob mengatakan ketakutan terhadap Islam terutama disebabkan oleh kurangnya informasi, "di Belanda kita tidak tahu dasar-dasar yang sederhana tentang Islam. Itu juga terjadi dalam pemerintahan dan polisi dan dinas keamanan. Saya pikir itu hal yang sangat menyedihkan. Itulah cara Anda membuat orang takut".

-----
Artikel aslinya silahkan di baca di: RNW dan baca pula berbagai komentar untuk pengayaan.

Geert Wilders, Islam dan Arnoud van Doorn

Tidak ada komentar: