Putri Pendeta Peluk Islam, Tuai Kontroversi & Ketegangan Sosial


Hijrahnya ke Islam Charity Uzoechina (25), putri Pendeta Raymond Uzoechina dari Redeemed Christian Church of God, Kwankwashe, Suleja, telah menuai kontroversi dan peningkatan tajam ketegangan sosial di Nigeria Utara.

Pendeta Raymond Uzoechina
Kontroversi meningkat menjadi ketegangan sosial setelah Pendeta Raymond Uzoechina menuduh Emir Alhaji Yahaya Abubakar telah menculik dan menghipnotis putrinya sejak putrinya memeluk Islam dan mengubah namanya menjadi Aisha.

Demikian juga Christian Association of Nigeria (CAN) dan kelompok afiliasinya yang menuduh bahwa gadis-gadis Kristen diculik oleh Muslim fanatik, dipaksa pindah agama dan menikah.


Apalagi ada pula kelompok pemecah belah negara, Northern Christian Youth Solidaritas dan Gerakan Emansipasi untuk Keadilan dan Penentuan Nasib Sendiri (NCYSEM) yang membuat berbagai pernyataan permusuhan berdasarkan dugaan seperti: "Untuk kepentingan mereka yang tidak menyadari atau fasih dengan fakta-fakta dari masalah ini, Miss Charity Raymond Uzoechina adalah orang Nigeria dan seorang putri dari Pastor Raymond Uzoechina dari RCCG yang tegas diculik oleh beberapa Muslim fanatik dan sejak itu telah terus keluar dari jangkauan orangtuanya dibawah apa yang disebut 'perlindungan tahanan' dari Etsu Nupe."


"Kami ingin menyerukan kepada Pemerintah Federal untuk bersikap kritis terhadap masalah dari penculikan gadis-gadis Kristen dalam Pernikahan Islam dengan impunitas oleh beberapa Muslim yang berpengaruh, terutama di Utara dengan maksud untuk menyerukan hukum yang relevan yang berhubungan dengan kejahatan alam ini pada mereka. Kasus ini harus dipandang secara serius."


Emir Alhaji Yahaya Abubakar
Adapun Etsu Nupe dan Dewan Agung Nigeria untuk Urusan Islam (NSCIA) menyatakan bahwa Charity memeluk Islam secara sukarela karena keinginan dari dirinya sendiri, dan mencari perlindungan ke istana Etsu Nupe di Bida, Niger State karena ia takut pada ayahnya. Alhaji Yahaya Abubakar adalah Emir atau Pemimpin Muslim (etnis Nupe) di Bida, Niger State.


Islam is My Choice: Nobody Forced Me to Accept Islam, convert insists

Dari artikel di weeklytrust.com, Aisha, yang berasal dari Asaba, Delta State, datang ke Abuja pada usia 10 ketika ayahnya pindah dari Lagos. Setelah pendidikan sekolah menengah di Army Day Secondary School Asokoro, Abuja, dia mendapat tiket masuk ke Politeknik Federal, Bida untuk belajar Public Administration. Namun dia keluar di tahun pertamanya.

Dia memeluk Islam pada tanggal 15 Februari 2013. Aisha mengatakan bahwa sejak keluarganya pindah ke Suleja, Negara Niger, ia telah berada di tengah-tengah umat Islam, yang memberikan padanya kesempatan untuk memiliki beberapa teman Muslim dan belajar banyak tentang Islam.


Kehidupan keras dari Aisha dimulai ketika ia berlari ke istana Estu Nupe di Bida pada tanggal 1 Maret tahun ini untuk mencari perlindungan terhadap setiap serangan pada dirinya yang mungkin akan dia alami setelah keluarganya tahu bahwa dia telah beralih memeluk agama Islam.


Hal tersebut menyebabkan kontroversi, dimana ayahnya menuduh penguasa tradisional menculik putrinya. Sejalan dengan itu, beberapa pertemuan diselenggarakan antara Aisha dan ayahnya Pastor Uzoechina dan putrinya di instansi dari Etsu Nupe, yang juga melibatkan beberapa anggota Christian Association of Nigeria (CAN). Tapi meskipun begitu, Aisha menolak untuk mengikuti ayahnya, menyatakan bahwa ayahnya telah mengancam dirinya bahwa ia akan dibawa pergi ke tempat yang dia tidak akan bisa menjalankan agama barunya.


Muallaf Sister Aisha Uzoechina
Aisha telah mengajukan masalah ini ke pengadilan Syariah di Bida dan pengadilan diharapkan memberi keputusan pada 1 Agustus 2013, yang memerintahkan apakah dirinya harus diserahkan kepada orang tuanya atau tidak.

Berikut terjemah kutipan wawancara eksklusif Aisha dengan Weekly Trust yang justru membantah klaim atau tuduhan ayahnya dan Christian Association of Nigeria (CAN) beserta kelompok afiliasinya bahwa dia diculik dan mengkonversi ke Islam karena paksaan.


Weekly Trust: Siapa nama Anda?

Aisha Uzoechina: Saya sebelumnya dikenal sebagai Charity Uzoechina dan sekarang Aisha Uzoechina.

Mengapa mengubah nama?
Saya mengubah nama saya karena saya telah menerima Islam.


Yang membawa Anda ke Bida?
Aku datang ke Bida tahun 2012 untuk belajar Administrasi Publik di Politeknik Federal, Bida.


Apakah Anda masih seorang mahasiswa dari Federal Polytechnic Bida?
Tidak, saya tidak. Saya telah mengundurkan diri dari sekolah.


Apakah Anda pulang ke rumah?
Tidak, aku tidak pulang. Pada awalnya saya berencana untuk kembali ke rumah, karena saya ingin memberitahu ayah saya bahwa saya telah masuk Islam. Ketika saya bertobat, aku takut untuk memberitahu orang tua saya, karena cara ayah saya akan berperilaku. Aku tahu dia tidak akan mengambil sikap ringan dengan saya. Jadi, untuk itu saya menolak untuk kembali pulang.


Apakah ada paksaan atau ada iming-iming pada Anda untuk bergabung dengan Islam?
Saya bergabung dengan Islam sendiri. Tidak ada seorangpun yang menarik saya dengan apa pun untuk bergabung dengan Islam.


Apa yang diinformasikan untuk keputusan Anda sehingga bergabung dengan Islam?
Saya masuk Islam karena aku mencintai karakter Muslim, khususnya cara mereka berperilaku. Anda tahu Muslim percaya pada Tuhan. Saya memiliki teman-teman Muslim dan saya melihat apa yang mereka lakukan, itulah yang menarik saya untuk bergabung dengan Islam. Aku meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur'an ketika saya masih sebagai seorang Kristen. Saya selalu bergabung dengan mereka untuk membaca Al-Qur'an dan melalui itu saya menemukan bahwa itu adalah satu Tuhan yang sama yang mereka sembah. Jadi saya memeluk Islam.


Bagaimana ayahmu datang untuk tahu tentang perubahan iman anda?
Ketika aku berlari ke istana, saya katakan, itu sangat sulit sebelum aku bisa melihat Emir. Ketika aku melihatnya, emir menolak untuk menerima saya, karena ayah saya tidak tahu tentang hal itu. Dia, oleh karena itu, meminta nomor ayah saya dari saya dan memanggilnya. Hari berikutnya ayahku datang dan berkata ia ingin melihat saya. Ketika kami bertemu, kami berbicara satu lawan satu.


Apa yang Anda katakan padanya?
Nah emir mengatakan kepadanya bahwa aku telah masuk Islam. Ketika ayah saya berbicara kepada saya, katanya mari kita pulang, tapi aku menolak. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak akan mengubah iman saya, karena saya sudah menerima Islam dan ini adalah di mana saya ingin tinggal. Dia, oleh karena itu, mengancam saya begitu banyak sehingga saya menjadi takut padanya.


Apa yang dia lakukan padamu yang dianggap sebagai ancaman?
Di tempat pertama Anda tahu, saya memakai Hijab (jilbab), dia bilang aku harus melepas Hijab. Dia marah dan menggunakan beberapa kata-kata kasar pada saya, mengarahkan bahwa saya harus melepas Hijab, tapi saya menolak. Dia mengancam untuk membawa saya ke sebuah desa di mana tak seorang pun akan mengarahkan matanya pada saya. Jadi saya menjadi takut padanya, karena itu saya menolak untuk mengikutinya. Itu saja.


Apakah emir ikut campur tangan?
Emir memberinya waktu satu minggu untuk kembali, tapi ia datang kembali bahkan sebelum mencapai satu minggu. Dia bilang dia harus membawaku pulang. Dia tidak akan membawa saya ke rumah kami, tapi dia akan membawa saya ke suatu tempat yang tak akan seorangpun memandang saya. Aku segera berlari kembali ke emir dan Pengadilan Syariah untuk perlindungan. Saya tidak ingin kembali ke ayah saya, karena dia mengancam saya.


Bagaimana Anda bisa tahu tentang Mahkamah Syariah?
Saya menemukan dari orang-orang. Aku pergi ke mereka sendiri untuk secara resmi mengajukan keluhan saya.


Mengapa Mahkamah Syariah?
Mereka harus melindungi saya. Anda tahu ketika Anda membawa kasus ke pengadilan atas masalah yang mengancam jiwa, pengadilan harus melindungi Anda. Itu saja.


Apakah ayahmu akan kembali setelah Anda menolak untuk mengikutinya?
Dia kembali. Dia terus datang kembali. Waktu lain ia bahkan mengancam akan membawa beberapa orang untuk menculik saya.


Apakah benar bahwa pada suatu waktu ayahmu datang dengan pejabat Christian Association of Nigeria (CAN) untuk Anda?
Ya.


Apakah benar bahwa Anda juga pergi ke Jama'atul Nasril Islam (JNI)?
Ya.


Mengapa Anda pergi ke JNI?
Saya katakan dan saya masih akan mengulanginya, meskipun saya tidak ingin mengulangi kata-kata saya lagi. Saya ingin mereka untuk campur tangan atas nama saya, ancaman itu terlalu banyak. Sekarang saya tidak bisa pergi ke mana pun, aku bahkan tidak bisa melanjutkan sekolah saya. Aku tidak bisa berbuat apa-apa karena cara ia telah mengancam saya. Ia masih membawa orang sampai sekarang untuk memata-matai diri saya.


Bagaimana Anda tahu bahwa ayahmu telah menugaskan orang untuk memata-matai Anda?
Ada waktu itu saya ingin pergi keluar, informasi datang kepada saya bahwa ayah saya ada disekitar dan aku harus masuk kembali karena saya tidak ingin dia membawaku pergi. Saya tahu bahwa jika saya keluar kapan saja, dia akan mengambil diriku.


Bagaimana kau bisa tahu tentang JNI?
Saya telah membaca tentang mereka. Itu sebabnya saya pergi kepada mereka.


Bagaimana Anda menyajikan kasus Anda ke JNI?
Saya menulis kepada mereka mencari intervensi mereka, karena saya tidak tahu bagaimana untuk pergi tentang meyakinkan ayahku. Saya juga belajar bahwa emir ingin menyerahkan aku kepada ayah saya, karena beban kasus saya menjadi terlalu berat baginya untuk di tanggung.


Jika ayahmu harus berjanji untuk memungkinkan Anda untuk mempraktekkan iman baru Anda, Anda akan pergi bersamanya?
Aku tidak akan. Dalam sebuah keluarga bahwa Anda adalah satu-satunya Muslim, bagaimana Anda dapat mempraktekkannya di rumah itu? Anda tahu ketika dia (ayah saya) datang bersama dengan ibu saya waktu lain, tindakan dan kata-kata kasar yang digunakan, bahkan jika saya kembali ke rumah, hidup saya tidak akan aman di tangannya (bisa dibunuh). Itulah mengapa aku berkata aku tidak akan pergi.


Apakah Anda mulai belajar apa-apa tentang Islam?
Ya, saya mulai belajar bagaimana melakukan wudhu. Saya telah belajar bagaimana membaca Surah Al-Fatihah, saya sekarang dalam surah kedua saya.


Apakah Anda shalat lima kali sehari?
Ya saya lakukan. Aku bahkan berpuasa sekarang. Saya telah berpuasa sejak awal bulan Ramadhan.


Apa pesan Anda untuk orang yang ingin masuk Islam?
Aku hanya punya satu pesan. Islam itu baik. Muslim jujur, semua yang mereka katakan, mereka percaya pada Tuhan dan mereka membawa orang bersama. Setelah seseorang masuk Islam, dia akan dibawa sampai dia kuat untuk berdiri sendiri.


Apa himbauan untuk orang tua Anda?
Saya berharap pada orang tua saya untuk tidak marah dengan saya. Konversi saya ke Islam tidak akan memisahkan kita. Aku masih mencintai mereka, meskipun saya di sini. Mereka bisa datang dan mengunjungi saya dan saya juga bisa mengunjungi mereka. Mereka tidak harus berpikir iman baru saya akan mengambil cinta yang saya miliki untuk mereka. Ini tidak akan. Saya sungguh memohon maaf.



-----

Ya Allah, semoga Engkau menguatkan iman dan memudahkan segala urusan saudari Aisha Uzoechina alias Charity Uzoechina.

Ya muqallibal qulub, tsabbit qalbi 'ala diinik

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.

Semoga para penentang Islam menjadi sadar bahwa justru Islam adalah Kebenaran, Jalan Keselamatan Dunia dan Akhirat.


Semoga pula mereka tidak menerapkan ayat Ulangan 13:6-9 dan 2 Tawarikh 15:13 (ingat Lukas 16:17), mengingat Kristen mengklaim sebagai bagian dari Monotheisme Abrahamic Faith, dimana Tuhan Pencipta Alam Semesta itu hanya Satu. Jadi bagaimanapun juga, Tuhan "Israel" itu adalah sama dengan Tuhan "Arab".


Bahkan orang Yahudi yang masih menganut Yudaisme pun menyatakan bahwa Allah adalah God of Israel. Bisa ditelaah pada artikel dan videonya di sini yang berasal dari blog penulis aslinya di sini. Jadi, justru Kristen yang harus berpikir keras apakah Tuhan yang di sembah sama dengan Tuhan "Israel" atau tidak, mengingat Yudaisme tidak mengenal konsep Tuhan Three in One apalagi konsep Tuhan yang Bunuh Diri.


Tidak ada komentar: