Yiwu, 'Komunitas Muslim yang Tumbuh Tercepat' di China


YIWU, CHINA - Bila pada lebih sedikit dari satu dekade yang lalu, sekelompok warga Muslim di Yiwu, sebuah kota di China bagian timur, harus menyewa kamar hotel sehingga mereka memiliki tempat untuk berdoa. Seiring waktu jumlah mereka meningkat dari sekitar 100, mereka pindah ke sebuah taman mobil sewaan - tapi segera mereka sudah terlalu besar juga, dan jamaah tumpah ke jalan terdekat. 

Maka, hari ini, sentuhan akhir yang dimasukkan pada masjid 25 juta yuan (Dh 14.4 juta) sudah siap digunakan oleh warga Yiwu Tionghoa, Arab dan Muslim Asia Selatan dan pengunjung.


Namun sebagaimana luas bangunan masjid sebagai satu hal yang tidak berubah. Sepertinya telah terjadi pertumbuhan populasi Muslim kota pada periode sibuk, hingga masih saja tidak cukup ruang untuk semua orang di dalam dan beberapa jamaah harus menemukan ruang di luar untuk berdoa. 

"Ini benar-benar spektakuler," kata imam masjid, Aisin-Gioro Baoquan, mengenai peningkatan jumlah Muslim di Yiwu. Dia mengatakan kota ini "pasti" memiliki komunitas Muslim yang tumbuh paling cepat di China. 

Diperkirakan ada 35.000 orang Muslim di Yiwu, hampir sepertiga di antaranya dapat ditemukan di masjid selama periode tersibuk. Sekitar setengah dari komunitas Muslim di kota ini dianggap dari luar negeri, paling banyak dari negara-negara Arab. 

Pasar Yiwu, yang menjual barang-barang buatan pabrik-pabrik China, dikatakan yang terbesar di dunia dan itu adalah pasar-pasar, yang selama dekade terakhir, telah menarik semakin banyak pedagang dari Arab dan Asia Selatan yang membeli barang-barang untuk dikirim ke luar negeri.

Hal ini, pada gilirannya, telah menarik bagi orang China Muslim, sebagian besar orang Hui dan anggota minoritas Uighur Turki, untuk bekerja di restoran dan sebagai asisten toko atau penerjemah, mengubah kota selatan-barat dari Shanghai menjadi pusat utama bagi Islam di China timur.

"Ini adalah campuran organik antara perdagangan dan kehidupan beragama. Ini cukup unik," kata Mr Aisin-Gioro, anggota minoritas Manchu China.

Banyak dari gelombang pertama pedagang modern yang datang di Yiwu di awal 2000-an, beribadah dengan Mr Aisin-Gioro di kamar hotel sewaan. Pada tahun 2004, dan beberapa waktu kemudian, populasi Muslim telah tumbuh sehingga pemerintah setempat memberikan sebuah bekas pabrik sutra kepada masyarakat sebagai tempat ibadah.

Muslim dari setidaknya 20 negara berdoa di sana.Lima tahun kemudian, pekerjaan dimulai untuk membangun tempat ibadah, masjid baru di lokasi tersebut yang di danai oleh sumbangan dari umat Islam dari luar negeri dan dari dalam kota. Dibuat dengan marmer yang diimpor dari Iran dan dengan desain bergaya Arab untuk eksternal dan pengaruh Asia Tengah didalam, masjid hampir selesai kecuali untuk beberapa pekerjaan eksternal pada menara yang baru akan selesai dalam beberapa minggu. 

Meskipun Guangzhou di China selatan memiliki lebih banyak Muslim, tetapi ukuran Yiwu yang lebih kecil memiliki "rasa lebih kuat sebagai komunitas Muslim", menurut Li Zihong, 41, seorang Hui Muslim pemilik restoran dan wakil ketua Komite Islam Yiwu. Pada awal 2000-an, katanya, Yiwu hanya memiliki hanya satu restoran Muslim, sekarang ada 36."Sekarang kami memiliki sebuah masjid yang megah, di tempat masyarakat berlabuh. Ini memberi kita rasa memiliki," katanya. 

Banyak non-Muslim senang melihat masuknya Islam dari luar negeri dan dari bagian China lainnya, dimana kedatangan mereka telah mendorong pertumbuhan ekonomi. "Ini jelas merupakan suatu hal yang baik," Wu Donglian, 49, pemilik supermarket yang lahir di kota itu. "Mereka telah banyak meningkatkan ekonomi kota. Hari ini, Yiwu adalah beberapa kali ukuran dari yang dulu. Ini berkembang sangat cepat."

"Provinsi Zhejiang, yang mencakup Yiwu, adalah "sangat terbuka", menurut Wu Dengqui, salesperson dari sebuah perusahaan kemasan di kota ini. Hal ini, katanya, adalah sambutan terbuka dari berbagai kelompok orang untuk berkat perannya dalam pusat perdagangan.

"Saya telah bertemu orang-orang dari semua ras, dari semua bangsa. Saya pikir kebanyakan orang berbagi pandangan seperti saya. Mereka cukup toleran," katanya. 

Meskipun kerusuhan di Timur Tengah telah mempengaruhi perdagangan dengan beberapa negara Arab selama dua tahun terakhir, warga melaporkan bahwa, setelah berakhirnya gejolak besar-besaran di Libya, misalnya, warga negara itu berbondong-bondong ke Yiwu untuk membeli barang dan memanfaatkan peluang tumbuhnya bisnis di tempat tinggalnya. Hal ini memberikan harapan warga masyarakat Muslim akan terus berkembang.

"Saya cukup yakin komunitas Muslim akan tumbuh lebih lanjut, karena setiap tahun Anda melihat wajah-wajah baru. Ini perubahan setiap tahun dan itu akan lebih besar," kata Mr Aisin-Gioro. [muslimvillage].

Tidak ada komentar: