Vatikan Cetak dan Tarik 'Medali Jesus Lesus'


Vatikan telah menarik lebih dari 6.000 medali peringatan kepausan setelah menyadari adanya salah eja yang sangat memalukan. 

Medali untuk memperingati tahun pertama atau pontifikat Paus Francis itu terdapat salah eja dari nama seseorang yang terpenting dalam Kekristenan termasuk bagi Gereja Katolik Roma.

Ya, orang itu adalah Yesus.

Medali ini dirancang oleh Institut Polygraphic dan diproduksi oleh Negara Italia Mint, yang dibuat dari emas, perak dan perunggu, berdiameter empat puluh empat milimeter, dan cetakan yang menggambarkan dirinya karya seniman Mariangela Crisciotti.

Bagian depan menggambarkan Paus dan di sisi kanan ada tanda tangan seniman tersebut. Sekitar gambar ada kalimat "FRANCISCUS PONT. MAX. AN. I". 

Adapun disisi sebaliknya ada gambaran Yesus dan Matius, dilingkari frase bahasa Latin dari ungkapan yang dianggap sangat mempengaruhi Jorge Mario Bergoglio muda dalam mengejar karir imamat: "VIDIT ERGO JESUS PUBLICANUM ET QUIA MISERANDO ANTQUE ELIGENDO VIDIT, AIT ILLI SEQUERE ME". Motto ini diambil dari homili tentang panggilan dari Yesus kepada Matius, yang artinya: Yesus melihat pemungut cukai dan dengan belas kasihan memilih dia sebagai Rasul dengan berkata kepadanya: 'Ikutlah aku'.

Nah, tapi dalam medali tersebut, huruf 'J' untuk Jesus keliru dengan huruf 'L'.

Jesus berganti menjadi Lesus.


Lebih dari 6.000 medali menurut laporan The Telegraph yang terdiri dari 200 di emas, 3.000 perak dan 3.000 perunggu itu ditarik sesaat setelah dijual di Vatikan Publishing House di Lapangan Santo Petrus. 

Dan ada empat medali yang telah ditangan pembeli, sehingga akan menjadi item koleksi yang berharga.

Hm… sepertinya mirip dengan kisah empat Injil dalam Bibel.
Sama-sama membuat Lesus (angin ribut/ keributan).


[HuffPost dll].

Tidak ada komentar: